Abdul Hamba Allah yang merindukan Surga dan ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Teknik Fotografi

teknik fotografi

Teknik Fotografi – Fotografi adalah proses melukis gambar menggunakan media cahaya. Istilah umumnya fotografi merupakan proses atau metode untuk menghasilkan sebuah gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek dengan media yang peka cahaya (kamera).

Pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan info mengenai teknik-teknik fotografi yang sering digunakan oleh para fotografer profesional. oke tidak usah lama-lama langsung aja kita masuk ke pembahasan.

Baca Juga : Cara Memotret Landscape

Teknik Fotografi Dasar Untuk Pemula

sebelum masuk ke teknik fotografi yang keren alangkah baiknya kalian harus mengetahui terlebih dahulu teknik fotografi dasarnya agar kalian nanti lebih mudah untuk menyeting atau mengatur komposisi pada kamera kalian.

1. Black and White

Untuk menguasai teknik ini memang terlihat mudah namun sebenarnya tidak. Teknik ini dilakukan untuk mengubah pengaturan kamera menjadi satu warna yaitu monokrom. Komposisi dan pencahayaan merupakan unsur yang paling penting untuk kalian perhatikan.

2. Tilt Shift

Untuk melakukan teknik Tilt Shift ini diperlukan gerakan khusus dan lensa khusus. Cara melakukannya ialah dengan merotasi lensa kamera pada saat ingin mengambil gambar.

3. High Speed

Teknik ini merupakan teknik pengambilan foto yang cepat. Misalnya kita ingin memotret benda yang jatuh di permukaan air, ketika kaca pecah dan lain sebagainya.

4. Motion Blur

Untuk melakukan teknik Motion Blur ini kalian harus mengatur kamera dengan kecepatan shutter speed yang lambat.

5. Macro Photography

Teknik ini merupakan teknik pengambilan gambar pada benda-benda yang kecil dengan jarak pengambilan gambar yang dekat. Untuk melakukan teknik fotografi ini kalian perlu kamera yang mendukung dan lensa makro.

6. Smoke Art

Seperti namanya teknik ini dilakukan untuk mengambil foto asap. Kenapa asap ? karena asap memiliki bentuk berbeda-beda sehingga dapat mengahasilkan gambar yang unik dan tidak sama dengan asap-asap sebelumnya.

7. Night Photograpy

Teknik selanjutnya ialah Nigh Photograpy teknik ini dilakukan dimalam hari untuk mengambil gambar. Hasil foto dengan teknik ini ditentukan dengan besaran aperture dan shutter speed.

8. HDR

High Dynamic Range (HDR) adalah teknik untuk membuat hasil gambar menjadi lebih hidup dengan memanfaatkan pencahayaan yang baik. Untuk melakukan teknik ini memerlikan bantuan software seperti adobe photoshop untuk mengatur hasil fotonya agar terlihat lebih hidup.

9. Panoramic

Teknik Panoramic atau panorama. Teknik ini digunakan untuk mengambil gambar pemandangan secara lebih luas dengan menggabungkan beberapa foto menjadi satu kesatuan dengan bentuk horizontal yang lebih panjang dibandingkan foto pada umumnya. Jadi foto pemandangan yang dipotret akan terlihat utuh.

10. RAW Processing

RAW adalah format foto atau gambar yang asli atau tidak dikompress sama sekali sehingga kualitasnya benar-benar real seperti awal saat meangambil gambar ( tidak mengalami perubahan ).

12. Arsitektur Photography

Teknik foto ini lebih menampilkan keindahan dan artistik khususnya untuk sebuah bangungan. Agar hasilnya bagus perlu ada pengaruh yang besar dari segi tekstur, pattern dan warna yang dihasilkan.

13. Low Light Photograpy

Teknik ini merupakan teknik pengambilan gambar dengan menggunakan intensitas cahaya yang minim. Hampir sama dengan night photography tapi Low light photograpy ini tidak perlu dilakukan di malam hari.

14. High Key

Teknik fotografi ini biasanya digunakan untuk megambil foto anak-anak dan wanita agar kecantikan kulit mereka dapat terlihat lebih maksimal. Intensitas cahayanya juga harus kuat dan bagus supaya hasil foto nya bisa lebih maksimal.

15. Long Exposure

Teknik ini biasa digunakan untuk mengambil objek yang berada dialam seperti ombak di pantai, air terjuan dan pepohonan.

Caranya dengan memainkan pengaturan shutter speed yang lambat.

16. Candelight Photograpy

Teknik selanjutnya ialah teknik Candelight Photograpy yaitu untuk mengambil gambar sebuah lilin agar bisa menangkap gerakan api diperlukan aperture yang besar dan ISO diatas 1600. Teknik ini harus dilakukan dengan teliti agar bayangan yang diambil dapat terlihat lebih halus dan artistik.

17. Minimalis Photography

Teknik fotografi ini dilakukan dengan mengambil foto yang memiliki objek yang sedikit. Walaupun demikian kalian harus bisa memberikan cerita dan makna dari satu objek yang difoto tersebut.

Teknik Fotografi Profesional

sebelum kita sudah belajar teknik fotografi dasar sekarang kita lanjut ke teknik fotografi profesional yang sering digunakan para fotografer-fotografer handal.

1. Zooming

teknik fotografi zooming
ammarhusain19.blogspot.com

Zooming merupakan sebuah teknik yang membuat suatu objek terlihat lebih jelas, namun background nya terlihat blur. Teknik ini berfungsi untuk mempertegas sebuah objek agar membuatnya terlihat makin mencolok. Perubahan panjang fokus ini hanya bisa dilakukan dengan lensa zoom dan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik. Agar mendapatkan hasil lebih maksimal sebaiknya menggunakan tripod.

2. Panning

teknik fotografi Panning
syafrudinmtop.net

Pada teknik panning ini ialah membuat sebuah objek yang bergerak terlihat tajam sedangkan background yang diam terlihat blur (motion blur). Caranya harus mengikuti objek ketika membidik agar mendapatkan foto yang maksimal gunakanlah shutter speed rendah sekitar 8-60 dan pakai tripod agar tidak goyang.

3. Freezing

teknik fotografi Freezing
aziscs1.com

Teknik Freezing ( Membekukan Objek ) ini merupakan teknik pengambilan gambar dengan benda yang bergerak menggunakan kecepatan sangat tinggi. Teknik foto ini membuat benda seolah membeku. Hasil dari teknik berupa objek yang terlihat tajam ketika objek tersebut bergerak.

4. Siluet

teknik fotografi Siluet
kelasfotografi.com

Teknik Siluet merupakan teknik foto yang hanya mengambil gambar berupa bayangan. Siluet merupakan objek yang menutupi cahaya sehingga objek tersebut diterangi dari belakang secara keseluruhan. Dasar dari foto siluet ialah objek harus terlihat benar-benar hitam.

Baca Juga : Cara Membuat Foto Siluet

5. Bulb

teknik fotografi Bulb
idseducation.com

Teknik ini merupakan teknik dengan memainkan kecepatan rana yang diatur sesuai dengan waktu yang kalian inginkan, caranya dengan melakukan atau menahan tombol pelepas rana lebih lama atau bisa juga menggunakan kabel realese dan tripod.

Itulah artikel mengenai macam-macam teknik fotografi untuk pemula atau profesional yang harus dikuasai dan dipahami dengan benar. Sebelum nantinya kalian dapat menguasai teknik fotografi yang lebih profesional lagi. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih 🙂

Abdul Hamba Allah yang merindukan Surga dan ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Suka Traveling dan Wisata Kuliner

Review Hasil Kamera Gopro

Abdul
1 min read

Aplikasi Kamera Iphone

Abdul
2 min read

Pengertian Focal Length

Abdul
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *