Pengertian Watermark

Pengertian Watermark – Dalam bahasa inggris watermark berasal dari dua kata yakni water yang berarti air dan “mark yang berarti tanda. Jika digabungkan watermark bisa diartikan sebagai tanda air. atau secara sederhana watermark merupakan penanda atau hak cipta untuk sebuah karya agar tidak bisa di klaim oleh orang lain.

Apa itu Watermark ?

apa itu watermark

Watermark adalah sebuah tulisan atau logo yang biasa kita temukan pada sebuah karya manual ataupun digital. Watermask sendiri merupakan penanda yang menunjukan sebuah identitas dari seseorang yang telah menciptakan sebuah karya, baik itu karya digital maupun manual seperti di kanvas, kertas dan lain-lain.

Menurur KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ), watemark merupakan sebuah tanda yang ada dalam bentuk kertas misalnya seperti manuskrip dan uang kertas yang hanya tampak samar jika terkena sinar. Namun pada saat ini watermak tidak hanya ada pada kertas saja melainkan terdapat juga pada karya digital seperti vector, ilustrasi bahkan di video-video yang sering kita temui.

Watermark yang terdapat di uang ialah tanda yang dibuat untuk beberapa jenis mata uang kertas, yang hanya terlihat jika terkena pantulan cahaya. Watermark tersebut digunakan untuk menghindari terjadi nya salinan secara ilegal.

Watermark di Teknologi Informasi yakni tanda yang di tambahkan pada sebuah foto, video dan file audio yang menunjukkan siapa orang yang membuatnya.

Bentuk Watermark

Watermark memiliki bentuk bermacam-macam, ada yang berbentuk tulisan, logo , simbol hingga tanda yang mengidentifikasikan identitas si penciptanya. Bentuk-bentuk dari watermark sendiri sangat banyak sekali dan dibuat sesuai dengan selera si pembuatanya.

Watermark sendiri dibuat dan dibentuk tidak terlalu besar agar tidak mengganggu atau menutupi objek dalam sebuah karya. Ada juga watermark yang berukuran besar namun dibuat transparan. Tapi biasanya watermark berukuran kecil dan berada pada sisi pojok suatu karya.

Fungsi Watermark

Fungsi watermark adalah untuk melindungi karya seseorang dari orang yang ingin mengambil atau mengklaim karya tersebut. Dan watermark juga bisa sebagai bukti tanda si pembuat karya yang asli.

Fungsi yang lain dari watermark juga bisa dijadikan sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan atau branding sebuah karya. Sebuah karya yang memiliki watermark dapat mempermudah orang lain untuk mencari karya jenis lain dari si pembuat tersebut. misalkan alamat sebuah website yang dijadikan sebuah watermark.

Watermark Dalam Fotografi

Watermark dalam dunia fotografi merupakan sebuah tulisan atau simbol yang menjadi identitas si pembuat dari sebuah foto. Biasanya berbentuk nama baik itu nama si pembuata tersebut atau nama institusi. Watermark sendiri sangat umum digunakan dalam dunia fotografi, karena dengan adanya watermark ini bisa menghindari sebuah karya yang tiba-tiba di klaim oleh orang lain.

Oleh karena itu kenapa sekarang seorang designer selalu membuat watermark pada sebuah karyanya karena banyak sekali diluar sana orang lain yang bisa saja mengklaim karya tersebut jika tidak ada watermark didalam karyanya.

Oke, mungkin itu aja yang bisa admin sharing seputar pengertian watermark semoga artikel ini bermanfaat.


Leave a Comment