Pengertian Rendering

Pengertian Rendering Mungkin kalian sudah tidak asing mendengar kata render atau rendering, tapi apakah kalian tau apa itu rendering ? Pada kesempatan kali ini admin ingin membahas mengenai pengertian rendering atau render. Sebelum masuk ke pembahasan mengenai pengertian rendering ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui, Apakah menurut kalian render itu dilakukan oleh software 3D atau dengan software khusus rendering?

Jawabanya adalah dengan software khusus rendering. Render ini dilakukan oleh software-software khusus render seperti V-Ray, Mental Ray, Keysot, Lumion dan Cycles Render atau yang sangat populer sekarang yaitu software Blender kalian bisa download aplikasi nya Disini.

Isi Content

Pengertian Rendering (Render)

pengertian rendering

Rendering adalah proses membangun sebuah gambar dari sebuah model melalui komputer atau laptop. Sebuah file adegan yang terdiri dari objek-objek dalam bentuk bahasa dan data struktur, bisa berupa geometri, tekstur, sudut pandang, pencahayaan dan informasi bayangan sebagai sebuah deskripsi dari adegan virtual.

Data data yang sudah terisi didalam berkas adegan kemudia melewati proses program rendering untuk diproses dan dijadikan hasil keluaran (output) untuk sebuah gambar digital.

Baca Juga : Pengertian Editing

Pada intinya rendering adalah menggabungkan sebuah objek menjadi 1 file berupa gambar atau video. Berikut gambarannya :

rendering
otodidakblend.blogspot.com

Dari gambar diatas terdapat 7 objek bentuk dengan bentuk berbeda-beda :

  • Bentuk Cube
  • Bentuk Sphere
  • Bentuk Torus
  • Bentuk Silinder
  • Bentuk Plane
  • Lamp
  • Camera

Pada Main 3D tersebut ada 6 bentuk yang terproyeksi dalam 1 kamera, dan masing-masing bentuk telah di modifikasi pada meterial dengan melakukan rendering maka 6 bentuk tersebut akan menjadi satu kesatuan atau 1 file dalam format gambar ataupun video seperti ini:

pengertian rendering hasil
otodidakblend.blogspot.com

Contoh Rendering 3D Animasi

Agar lebih mengerti mari kita lihat beberapa contoh proses rendering pada objek 2D dan 3D menggunakan aplikasinya masing-masing.
proses rendering bangunan
grafis-media.website
Gambar diatas adalah sebuah model interior rumah yang belum di render dan sudah dirender. Sangat jelas perbedaanya bahwa hasil rendering akan terlihat lebih baik dan realistik. Seperti inilah tugas seorang desain interior pada saat membuat desain bangunan atau interior rumah. Pada hasil akhir dari rendering ini berformat gambar JPEG, JPG atau Raster.

Tidak hanya itu saja, kita juga harus tahu bahwa proses rendering merupakan titik akhir dari sebuah hasil desain. Jadi ada tahapan yang harus dilalui sebelum melakukan proses rendering. Misal pembuatan film Hollywood berikut. Pembuatan scene ini menggunakan software yang bernama Adobe After Effect.

rendering sebuah film
ecgadget.com

Kita lihat pada awalnya model tersebut berada pada ruangan yang polos dan kemudian hasil rekaman tersebut di edit dengan software After Effect. dan ditambahkan efek air seolah-olah seperti berada di arus sungai aslinya. Jika proses pengeditan selesai maka akan terjadi proses rendering untuk memadukan semua perpaduan tersebut. dan hasil akhirnya video akan terlihat lebih realistik.

Baca Juga : Software Editing Video Terbaik

Contoh Rendering Musik

Tidak hanya gambar atau video saja yang bisa di render, musik pun juga ada proses rendering. Salah satu aplikasi pembuat lagu yang terkenal ialah FLStudio. Pada aplikasi ini banyak sekali efek-efek suara yang bisa dipadukan dengan rekaman suara yang kita buat. Contohnya seperti suara angin, suara drum, efek gitar, suara rintik hujan dan lain-lain.
Sebelum lagi di publish atau di terbitkan, maka ada proses pembuatannya terlebih dahulu mulai dari recording hingga proses pengeditan.
proses rendering lagu di fl studio
grafis-media.website
Pada gambar diatas menjelaskan bagian-bagian bar yang ada dalam satu lagu seperti suara gitaris, drummer, basis hingga suara vokalis. Semua itu akan di render agar menjadi sebuah lagu yang enak untuk didengar dan siap untuk diterbitkan.

Mungkin itu saja penjelasan mengenai pengertian rendering hingga contoh-contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat. dan jangan lupa cek artikel lainnya yang ada di KameraFoto.NET seputar pembahasan fotografi dan videografi. Terimakasih 🙂

Leave a Comment