Pengertian Fotografi

Pengertian Fotografi – Fotografi adalah sebuah seni atau proses penghasilan gambar dengan cahaya pada film. Mungkin jika kalian searching kebanyakan pengertian fotografi pasti jawaban nya sama yaitu proses melukis dengan menggunakan cahaya. Namun yang paling utama ialah bagaimana caranya mendalami sebuah seni fotografi tersebut.

Jika sudah tahu apa itu pengertian fotografi, lalu apa yang ada di pikiran kalian tentang fotografi ?

[su_quote cite=”Wikipedia” url=”https://id.wikipedia.org/wiki/Fotografi”]Fotografi adalah proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Dalam istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer atau sering digunakan untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, maka tidak ada foto yang bisa dibuat.[/su_quote]

Pengertian Fotografi adalah Sebuah Seni

pengertian fotografi adalah seni

Jika pengertian fotografi merupakan proses seni melukis cahaya, maka setiap orang bisa melakukan hal tersebut jika mempunyai alat yang disebut kamera, tapi apakah semua orang dapat menghasilkan sebuah seni ?

Seni fotografi yang paling utama ialah komposisi, dengan komposisi yang baik dan benar maka kita bisa dapat menghasilkan foto yang mempunyai makna dan cerita.

Sejarah Fotografi

sejarah fotografi

Sejarah fotografi dimulai sejak abad ke-19 sekitar tahun 1839 yang merupakan tahun awal kelahiran Photography. Pada waktu itu di Prancis tepatnya dinyatakan secara resmi bahwa fotografi ialah sebuah teknologi baru. Dengan menyimpulkan bahwa rekaman dua dimensi seperti yang dilihat oleh mata sudah bisa diambil atau direkam dan di buat permanen.

Baca Juga : Pengertian Kamera

Sejarah fotografi bermula jauh sebelum Masehi. Pada abad ke-5 Sebelum Masehi (SM), seorang pria bernama Mo Ti mengamati suatu gejala. Jika pada dinding ruangan yang gelap terdapat lubang kecil (pinhole), maka di bagian dalam ruang itu akan terefleksikan pemandangan di luar ruang secara terbalik lewat lubang tadi. Mo Ti adalah orang pertama yang menyadari fenomena kamera obscura.

Sebelum masehi pada abad ke-5 seorang pria bernama Mo Ti mengamati suatu hal. Dia mengamati jika pada dinding ruangan yang gelap ada sebuah lubang kecil (pinhole), maka dibagian dalam ruang itu akan terefleksikan pemandangan dari luar secara terbalik lewat lubang gelap tadi. Mo Ti ialah orang yang pertama kali menyadari fenomena kamera obscura. Untuk lebih detail mengenai sejarah fotografi kalian bisa baca Disini.

Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli

pengertian fotografi menurut para ahli

Menurut Ansel Adam 

Fotografi lebih dari sekedar sarana ide komunikasi faktual. Fotografi merupakan seni kreatif sebagai media berekspresi dan komunikasi yang kuat dengan menawarkan berbagi persepsi, interpretasi serta eksekusi yang tidak terbatas.

Menurut Amir Hamzah Sulaeman

Fotografi berasal dari kata foto dan grafi, foto artinya cahaya dan grafi adalah menulis jadi dapat diartikan fotografi secara keseluruhan ialah menulis dengan bantuan cahaya, atau lebih dikenal dengan menggambar atau merekam gambar dengan bantuan cahaya melalui media yang disebut kamera.

Menurut Michael Langford

Pada dasarnya fotografi ialah sebuah kombinasi antara imajinasi dengan design visual, kemampuan perorganisasian praktis serta keterampilan. Jadi, tidak hanya mengambil gambar semata, namun menata objek-objek yang ada didalamnya agar dapat mencapai nilai estetik yang baru.

Menurut Elliot Erwitt

Fotografi adalah sebuah seni observasi. Hal tersebut menyangkut tentang bagaimana menemukan sesuai yang menyenangkan di tempat yang biasa-biasa saja. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketelitian untuk mencari dan menemukan atau melihat suatu objek menjadi kunci dari seni fotografi itu sendiri.

Baca Juga : Pengertian Editing

Jenis-jenis Fotografi

Barusan kita sudah membahas pengertian fotografi, dan sekarang kita masuk ke pembahasan apa saja sih jenis-jenis fotografi ? Berikut penjelasannya.

Landscape Photograpy

landscape fotografi

Landscape photograpy lebih fokus mengambil gambar dengan pemandangan alam seperti laut dan pegunungan. Jika kalian ingin mendapatkan hasil foto yang bagus maka perlu mempertimbangkan momen-momen yang tepat untuk memotret seperto saat matahari terbit atau matahari tenggelam saat cuaca cerah.

Potrait Photography

portrait photography

Jenis photograpy yang satu ini lebih menampilkan karakteristik atau kepribadian seseorang yang unik. Tidak hanya menampilkan foto manusia saja, potrait photograpy yang bagus juga harus bisa menangkap ekspersi, kepribadian, mimik ataupun suasana hati seseorang agar hasil foto yang dihasilkan lebih terlihat berkesan.

Macro Photography

macro photography

Untuk para pecinta macro photography sangat menyukai objek-objek foto yang memiliki ukuran kecil seperti bunga atau serangga, sebab keistimewaan dari jenis fotografi ini ialah membuat objek yang kecil agar dapat tampak sangat dekat dan menampilkan detail yang apik.

Untuk melakukan macro photography ini diperlukan kamera dengan fitur zoom yang bagus serta lensa macro agar dapat mendapatkan detail-detail objek yang kecil tersebut.

Street Photography

street photography

Aktivitas yang ada dijalan merupakan tujuan utama untuk para pecinta street photography ini. Namun ada beberapa ciri khas yang berbeda yang ditawarkan oleh street photography yaitu suatu pendekatan yang berusaha menampilkan realitas sesungguhnya yang terjadi di sekitar jalan atau ruang publik dengan spontan.

Food photography

food photography

Jenis photography yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang suka dengan makanan. Tidak hanya sekedar menampilkan makanan yang ada di dalam sebuah piring tapi bagaimana caranya agar orang yang melihatnya bisa langsung merasakan lapar.

Food Photography menuntuk seorang fotografer agar bisa menciptakan kompsisi yang menarik dan memperlihatkan detail dari tekstur yang dipotret. Untuk mendapatkan itu semua faktor pencahayaan harus benar-benar diperhatikan.

Sport Photograpy

sport photography

Mungkin kalian pernah melihat banyak orang yang megang kamera di pinggir lapangan saat pertandingan sepakbola, Dalam sebuah olahraga banyak sekali momen-momen dramatis yang terjadi tentu momen itu sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Maka dari itu muncul yang disebut dengan sport photography yang berusaha untuk mengambil setiap kejadian menarik pada saat pertandingan olahraga baik dilapangan maupun di lintasan. Agar dapat menangkap objek yang bagus dalam jenis fotografi ini diperlukan kamera khusus yang sudah dilengkapi dengan lensa telezoom.

Architectural Photography

Architectural photography

Sesuai dengan nama jenis nya, fotografi ini lebih menampilkan keindahan bentuk bangunan tau gedung. Untuk jenis fotografi ini mesti jeli dalam memperhatikan setiap sudut dan celah-celah bangunan agar dapat memperoleh komposisi yang bagus.

Tidak hanya itu, angle foto juga sangat menentukan foto yang dihasilkan, Architectural Photography ini sering digunakan untuk keperluan komersil contohnya promosi gedung, apartemen, hotel ataupun real estate.

Fashion Photography

fashion photography

Fashion Photography ini lebih fokus ke keindahan desain pakaian seperti gaun maupun aksesoris fashion lainnya. Jenis photography ini hampir sama dengan potrait photography.

Memang kedua jenis fotografi ini hampir sama hanya saja fashion photography lebih memfokuskan ke desain pakaian agar orang-orang bisa tertarik untuk membelinya.

Journalism Photography

Journalism photography

Tujuan dari Journalism Photograpy ini ialah menyajikan foto yang memiliki cerita atau nilai dari sebuah berita. Lalu foto tersebut dapat digunakan untuk keperluan penayangan berita dan publikasi media massa. Objek-objek yang diambil pun merupakan hal-hal yang terjadi disekitar dengan prinsip utamanya yaitu menghasilkan foto yang merupakan kejadian yang sebenarnya tanpa rekayasa atau berpihak.

Ternyata banyak juga ya jenis-jenis dalam fotografi. Dari sekian banyak yang ada pasti kalian sudah tidak asing dan sering menggunakan beberapa diantaranya.

Demikian pembahasan seputar pengertian fotografi, mulai dari sejarah, pengertian menurut para ahli serta jenis-jenis fotografi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membacanya. Terimakasih 🙂