Pengertian Fotografer dan Fotografi

Pengertian Fotografer dan Fotografi – Hampir setiap orang mengatakan bahwa fotografer dan fotografi itu sama. Padahal pengertian fotografer dan fotografi itu sendiri memiliki perbedaan yang jauh, fotografi adalah sebuah aktifitas atau kegiatan sedangkan fotografer adalah orang yang melakukannya (tukang foto).

Memang kedua kata tersebut sangat berkaitan maka wajar saja jika sebagian orang keliru akan pengucapannya. Walau demikian, sebenarnya sangat mudah untuk bisa membedakan antara fotografer dan fotografi, namun masih banyak saja yang bingung mengenai pengertian fotografer dan fotografi ini.

Isi Content

Pengertian Fotografer

pengertian fotografer

Fotografer adalah orang yang melakukan aktivitas fotografi. Fotografer ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu ada fotografer profesional dan ada fotografer hobi. biasanya fotografer profesional digunakan untuk ketingkat yang lebih serius misal untuk perindustrian film dan lain-lain sedangkan fotografer hobi hanya sekedar hobi saja yang tidak terlalu serius dalam melakukannya.

Oleh karena itu fotografer profesional akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bisa mendapatkan angle yang pas supaya bisa mendapatkan hasil gambar yang bisa menciptakan seni yang luar biasa. Berbeda dengan fotografer hobi yang tidak terlalu mementingkan angle yang diambil.

Baca Juga : Teknik-teknik Fotografi Lengkap

Pengertian Fotografi

pengertian fotografi

Pengertian fotografi ini banyak dibicarakan di berbagai pihak. Dimana pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) fotografi diartikan sebagai sebuah seni penghasil gambar dan cahaya dalam sebuah film atau sebuah permukaan yang dipekakan. Sedangkan dari Wikipedia pengertian fotografi adalah sebuah kata yang diambil dari kata “Photograpy” yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “Photos” berarti cahaya dan “Grafo” berarti melukis.

Maka fotografi adalah proses melukis dengan menggunakan media cahaya. Namun secara garis besar fotografi bisa diartikan sebagai proses atau metode untuk menghasilkan sebuah gambar atau foto dari sebuah objek dengan merekam pantulan-pantulan cahaya yang mengenai objek kepada media yang peka akan cahaya.

Ada juga dari fotografer yang bernama Elliot Erwitt beliau mengungkapkan  pendapat tentang pengertian fotografi. Beliau mengungkapkan bahwa fotografi adalah sebuah seni observasi. Yaitu tentang dimana menemukan suatu hal yang menyenangkan ditempat biasanya. Menurut beliau, hal tersebut tidak akan ada hubungannya dengan hal-hal yang kamu lihat dan semua cara itu harus dilakukan dengan kamu melihat mereka.

Hal tersebut sangat berbeda seperti apa yang dikatakan oleh Ansel Adams tentang pengertian fotografi. Ansel Adams mengatakan bahwa fotografi merupakan media berkespresi dan komunikasi yang cukup kuat, dapat menawarkan berbagai persepsi, interprestasi dan eksekusi yang tidak terbatas.

Berbeda lagi pemahaman mengenai pengertian fotografi dari Yudhi Soerjoatmodjo fotografer asal Indonesia. Beliau mengatakan bahwa fotografi merupakan media komunikasi dan alat dialog, fotografi juga bisa dilihat secara fungsi. Fotografi berfungsi sebagai bagian dari seni, dokumentatif, dan informatif.

Dari semua bahasan tentang pengertian fotografi yang ada diatas bisa kita simpulkan bahwa fotografi merupakan sebuah aktivitas mengambil sebuah gambar atau foto melalui media kamera untuk menghasilkan karya seni dan dapat dinikmati baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Baca Juga : Teknik Fotografi Mainan

Oleh karena itu, fotografi memiliki banyak teknik agar bisa menghasilkan karya yang dapat membuat sebagian orang tertarik untuk melihatnya. Ada beberapa jenis fotografi seperti fotografi landscape, fotografi potrait, fotografi jalanan, dan masih banyak lagi fotografi lainnya.

Nah gimana ? apakah sekarang kalian sudah paham mengenai pengertian fotografer dan fotografi. Cukup mudah bukan mebedakannya keduanya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih 🙂

 

Leave a Comment