Fotografi Mainan

Fotografi mainan – Bagi kalian yang tertarik dengan tokoh-tokoh Star Wars pasti sudah tidak asing dengan seseorang yang bernama Zahir Batin. Yapp beliau melakukan teknik fotografi mainan atau sering disebut dengan toys photograpy dengan tokoh Star Wars menjadi sebuah gambar penuh dengan karakter sehingga terlihat tampak lebih hidup.

fotografi mainan

Untuk kalian yang suka dengan teknik fotografi ini tidak salahnya mencoba sensasi memotret mainan-mainan kalian yang ada dirumah. Lalu bagaimana teknik fotografi mainan yang baik agar bisa menghasilkan visual gambar yang berkarakter dan menarik untuk dilihat? berikut adalah tips teknik fotografi mainan yang harus kalian coba

Baca Juga : Cara Memotret Landscape

Tips Fotografi Mainan atau Toys Photography

1. Memahami Artikulasi Figure

Artikulasi Figure

Bedanya dengan jenis mainan lain salah satu keunggulan action figure ialah adanya artikulasi. Artikulasi ini memungkinkan kalian untuk mengatur pose action figure sesuka hati kalian. Namun, kalian harus memahami terlebih dahulu artikulasi dari action figure yang kalian punya.

Karena artikulasi dalam setiap action figure berbeda-beda tergantung ukuran, harga serta seri dari action figure tersebut. Jika kamu sudah mengetahui artikulasi dari setiap figure koleksimu, akan sangat mudah untuk mengatur pose dan konsep yang cocok dalam melakukan fotografi mainan.

2. Mencoba Berbagai Konsep 

Mencoba Berbagai Konsep

Coba untuk mengeksplor lebih banyak konsep-konsep foto yang mungkin dilakukan dengan mainan koleksimu. Misalnya seperti konsep crossover dimana kalian bisa menggabungkan dua karakter yang berbeda dalam satu frame. Contoh seperti menggabungkan karakter Sailor Moon dengan Spiderman yang tidak akan mungkin kalian temui di cerita aslinya.

Baca Juga : Tips Memotret Objek yang Bergerak Cepat

Atau bisa juga dengan konsep out-of-character dimana pose yang kalian tampilkan berlawanan dengan image karakter yang selama ini banyak dikenal orang. Seperti pose para penjahat yang melakukan selfie, atau pose orang yang bergaya preman dan lain sebagainya. Dengan konsep-konsep unik tentu akan membuat hasil foto kalin terlihat lebih menarik.

3. Memanfaatkan Sudut Kamera

sudut pandang kamera

Pemilihan angle yang tepat dapat memberikan efek yang bagus pula terhadap objek mainan yang kalian foto. Berlatihlah dengan berbagai angle-angle yang berbeda dan coba kalian bandingkan hasilnya. Memanfaatkan angle sangatlah penting, terutama untuk kalian yang ingin menonjolkan pada bagian-bagia tertentu untuk memberikan kesan tertentu pada hasil foto kalian.

4. Memperhatikan Background

Memperhatikan Background

Background adalah hal yang sangat penting dalam fotografi apalagi dalam fotografi mainan yang ingin kalian lakukan. Usahakan background tidak terlalu ramai agar nantinya perhatian bisa langsung tertuju kepada mainan tersebut. Namun jika kalian ingin memotret di keramaian, kalian bisa menggunakan teknik blur pada background dan memfokuskannya pada objek mainannya.

5. Ikut Komunitas Toys Photography

komunitas fotografi mainan

Jika kalian ingin banyak mempelajari tentang fotografi mainan atau toys photography, kalian bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang ada seperti di grup facebook atau media sosial lainnya.

Didalam komunitas mainan, kalian bisa melihat berbagai referensi foto-foto mainan keren dan juga dapat memperlihatkan hasil foto milik kalian. Tidak hanya ilmu baru melainkan kamu juga akan mendapatkan banyak teman baru yang sejalan dengan hobi kalian.

Demikian beberapa tips mengenai fotografi mainan atau toys photography. Beberapa hal tersebut bisa kalian gunakan jika ingin memotret objek-objek mainan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan ide untuk kalian sobat fotografi. Terimakasih 🙂