Arti Candid

KameraFoto.net Arti Candid Kamu mungkin sering sekali mendengar istilah kata Candid pada sebuah foto. Sering denger tapi gak tau artinya, hmmm.. Jelas gak enak banget kan rasanya! Tapi tenang aja, karena di artikel kali ini kita akan kasih tau ke kamu apa itu arti candid yang sebenarnya. Tak hanya itu saja, tapi kita juga akan kasih beberapa tips keren ke kamu cara jepret foto candid keren ala KameraFoto!

arti candid

Arti Candid dan Tips Jepret Foto Candid Menarik

Arti Candid dalam dunia fotografi adalah sebuah teknik pengambilan gambar yang fokus pada satu objek tertentu (bisa lebih) tanpa disadari oleh objek tersebut. Biasanya sih objek yang digunakan sebagai fokus jepretan kameranya adalah objek hidup. Teknik pengambilan foto/video candid ini digunakan untuk menciptakan kesan natural.

Memanfaatkan ekspresi spontanitas atau momen-momen langka yang terjadi pada si objek yang dijadikan fokus tersebut. Apalagi jika si objek itu benar-benar tak sadar jika dia sedang diincar dari balik lensa kamera saat melakukan aktifitasnya, hasilnya pasti akan tambah joss!

Foto candid sekarang ini sangat sering digunakan, tak hanya pada mereka para fotografer profesional tetapi juga kalangan amatiran yang masih belajar menggunakan kamera. Coba saja kamu lihat di beranda sosial media kamu. Disana pasti akan banyak kamu temui bertebaran foto-foto candid yang menarik.

Kenapa foto candid banyak dipilih oleh mereka para pemburu foto? Alasannya satu, foto candid memang selalu menarik perhatian. Apalagi jika si objek foto seperi yang kita bilang tadi, bahwa mereka tak menyadari kalau aktvitasnya terekam oleh kamera. Jadi ketika mereka melakukan hal-hal unik yang selama ini jarang kita perhatikan, ditambah lagi dnegan pengambilan gambar pada momen yang pas, pasti hasil foto tersebut akan menjadi satu karya yang menarik bahkan bisa penuh arti.

Lalu, setelah kita tahu apa arti candid dalam dunia fotografi, bagaimana cara agar bisa membuat foto candid yang bagus dan menarik? Oke, langsung saja simak tips jepret candid menarik dari KF dibawah ini!

Tips Jepret Foto Candid Menarik ala KameraFoto

tips jepret foto candid

Bagi yang sudah terbiasa dengan dunia perngintipan menggunakan lensa kamera, mungkin tak akan lagi kesulitan mencapture momen candid yang pas. Tapi, bagaimana dengan mereka para pemula, yang berburu foto hanya untuk iseng-iseng aja atau dengan kamera yang seadanya. Nah, jangan khawatir! Karena pada kesempatan kali ini, selain tadi kita sudah belajar tentang arti candid dalam dunia fotografi, KameraGue juga bakala share tips jepret foto candid keren untuk kamu.

Tips kali ini ada 7 poin cara jepret foto candid menarik, so perhatikan baik-baik ya!

1. Hindari Penggunaan Lampu Flash

Nah, ini tips yang pertama! Gak kalah penting dengan tips di nomor-nomor selanjutnya. Oleh karena itu, pantas rasanya jika anjuran ini diletakkan pada poin yang pertama. Lalu, kenapa kok gak boleh pakai flash? Meskipun mungkin objek foto yang akan kamu capture berlatar pencahayaan yang kurang, tapi penggunaan flash justru akan mematikan momennya.

Sebagai solusi, jika kamu sedang ingin memfoto dengan pencahayaan yang dibawah standart lebih baik manfaatkan saja fitur aperture dan pengaturan ISO pada kamera. Kamu bisa memperlebar aperture atau memainkan pengaturan pada ISO, genjot saja ISOnya kalau perlu. Teknik ini akan sangat membantu kamu mengambil gambar candid pada kondisi low-light tanpa harus menyalakan flash.

2. Siap Siaga Kamera di Genggaman

Salah satunya untuk melatih mental dan insting kamu dalam mencari momen yang pas untuk membuat satu karya jepretan foto candid yang menarik. Menghasilkan foto candid, meski kelihatannya sangat mudah tapi itu tentu tak akan semudah seperti yang kamu bayangkan. Sangat perlu kepercayaan diri dan insting yang terlatih. Kalau kamu ragu-ragu, yang ada kamu akan kehilangan momen langka yang seharusnya diabadikan dalam memori kamera kamu. So, latihlah dirimu dnegan membawa kamera kemanapun kamu prrgi. Selalu sikap siaga, lihat aktivitas di sekelilingmu dan latih insting fotografimu pada saat seperti itu.

3. Menggunakan Lensa Tele

Lensa tele ini akan sangat berguna ketika kamu berburu foto candid di tengah-tengah aktivitas banyak orang. Contohnya ketika kamu ingin mem-foto seseorang, tak perlu kamu mengambil jarak yang sangat dekat untuk fokus dan bisa membidik secara close up.

Seperti yang kita tahu, tak semua orang suka di-foto. Adakalanya mereka akan merasa terganggu dengan aktifitas yang kamu lakukan. Apalagi jika mereka menganggap bahwa gambar mereka adalah sebuah privasi yang orang ain tak boleh sembarangan mengambil atau menyimpannya.

Nah, dengan bantuan lensa telephoto kamu bisa menyembunyikan jejakmu dan mengambil posisi yang berjauhan dari si objek foto. So, merkea tak akan pernah menyadari bahwa aktifitasnya ternyata sudah tersimpan rapi dalam folder penyimpanan di kameramu.

4. Perhatikan Posisi Pengambilan Gambar

Karena ini adalah foto candid, maka kamu tak bisa mengatur pose objek yang akan kamu foto. Nah, inilah yang seringkali disalah pahami dari arti candid dalam fotografi itu sendiri. Lahah, kalau sadar difoto terus pose pura-pura gak tahu yang bukan candid lagi dong. Jadi, semua jepretanmu tergantung dirimu sendiri. Maka, ambilah posisi yang pas agar ketika momen yang ditunggu itu terjadi kamu bisa langsung sigap menean tombol capture dan berhasil mendapatkan hasil foto candid dengan momen yang sangat sangat natural.

5. Sabar

Ya! Sabar itu adalah satu teknik yang juga gak boleh ketinggalan. Mencari foto candid sama seperti orang memancing tanpa umpan. Jadi kamu harus benar-benar sabar menunggu momen yang pas dan sabar untuk tetap fokus pada objek yang akan kamu ambil gambarnya tersebut.

6. Tambahkan Konteks Pada Foto

Nah, yang ini juga gak kalah pentingnya loh! Foto tanpa konteks? flat, gak asik! Ibarat sayur yang kurang garam atau dangdut yang kurang goyang. So, perhatikan juga konteks yang berada di kiri dan kanan frame. Ini akan mewakili cerita tentang lokasi dan aktifitas si target. Dengan demikian foto candid kamu bakalan telrihat hidup.

7. Gunakan Mode Brust

Gerak reflek atau spontanitas pada setiap aktifitas objek yang hidup, misal manusia atau hewan sangatlah sudah untuk diprediksi. Mungkin ketika sedang fokus mengincar foto candid, tak sengaja kamu banyak melewatkan momen yang pas. Nah, untuk itulah fungsi mode brust kamu perlukan. Fitur ini akan membantumu membdik lebih banyak momen dalam rentang waktu yang singkat dan terus menerus. Setelah itu baru pilih-pilih momen atau foto mana yang menurutmu lebih baik dan hasilnya sempurna. Tak jarang, saat menggunakan teknik ini kamu akan menemukan foto-foto yang membuatmu terkejut, dan tersenyum lebar.

Nah, itulah tadi sobat KameraFoto! Ulasan dari kami tentang arti candid dalam dunia fotografi serta beberapa tips jepret foto candid menarik. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Sampai jumpa!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *